Sawarna, One day is not enough…

Catatan Perjalanan.

Jumat, 23 Maret 2012

05.07 : terdengar suara dering sms, dan ternyata sms dari Andi yang mengatakan janjian untuk bertemu di depan Detos, margonda jam 06.00.

Sawarna Photo Hunting

Oh, rupanya aku terlalu pagi siap-siapnya, sambil cek ulang perlengkapan kutunda dulu berangkat ke Detos agar tidak terlalu lama menunggu disana

05.35 : aku berangkat dan butuh waktu kurang dari 15 menit untuk sampai di Detos, setelah beberapa saat menunggu akhirnya Andi tiba dengan mobilnya. Setelah bersapa dan sedikit chit chat saling menanyakan kabar kami berdua langsung berangkat ke tempat penjemputan teman kami yg lain , Budi.

Karena masih pagi dan hari libur, jalanan cukup lengang dan tidak lama kami tiba di depan Antam, tempat penjemputan Budi. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya Budi muncul

06.15 : kami bertiga berangkat, masuk tol Outer ring Road dan dilanjutkan ke tol jagorawi menuju meeting point 1 di Rest Area Sentul.

07.00 : kami bertiga sampai di rest area Sentul, dan ternyata beberapa teman kami juga baru sampai.

08.30 : Setelah menunggu sekian lama karena salah satu teman kesiangan, akhirnya kami berangkat. Karena sudah terlalu siang kami terjebak kemacetan yang sudah mengular sepanjang tol jagorawi hingga ke arah puncak, hampir satu jam waktu yg harus kami tempuh dari rest area Sentul hingga pintu tol Ciawi.

Rute perjalanan yang kami pilih adalah Jakarta-keluar tol Ciawi-Cibadak-Cikidang-Pelabuhan Ratu-Cisolok-Bayah-Sawarna

11.30 : kami tiba di pertigaan cibadak-Cikidang, mampir terlebih dahulu untuk makan siang dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju arah Cikidang. Beberapa saat kemudian kami menemukan masjid dan kami rehat sejenak sambil Shalat jumat di masjid tsb.

Setelah Shalat Jumat kami melanjutkan lagi perjalanan melalui jalan Cikidang yg cukup berliku-liku dengan tanjakan dan turunannya.

jalanan di Cikidang yg penuh tikungan dengan tanjakan dan turunan

14.30 : kami baru melewati Sukabumi dan memasuki perbatasan jawa Barat-Banten,

Di salah satu spot kami berhenti sejenak untuk mengabadikan view yang cukup menarik.

mampir sejenak untuk jeprat-jepret...

inilah viewnya...

view yang sedikit berbeda

view di atas dari spot yang berbeda

Setelah sekitar 15 menit kemudian kami melanjutkan perjalanan.

16.15 : Akhirnya kami tiba di penginapan tempat kami bermalam, suasana sudah cukup ramai dengan kendaraan terparkir. Beruntung karena kami sudah booking penginapan akhirnya kami mendapatkan tempat parkir di teras penginapan yg hanya muat untuk 2 mobil.

Teh manis hangat dan kopi panas serta pisang goreng yang telah disiapkan pemilik penginapan menyambut kami sembari melapas penat. Tak berapa lama kemudian kami langsung menuju pantai. Melewati jembatan gantung untuk masuk ke desa sawarna dan setelah melalui beberapa rumah-rumah penduduk serta penginapan-penginapan akhirnya kami tiba di pantai Ciantir dan dimulailah perburuan foto….

jembatan gantung yang harus dilalui untuk masuk desa Sawarna

Oh ya…hampir lupa. Berikut ini rute perjalanan yang kami tempuh menuju sawarna.

route map

Setelah keluar tol Jagorawi di Ciawi

8.Terus ke Jalan Raya Sukabumi Jalan tol sebagian 14,3 km

9.Terus ke Jalan Mayor Jenderal HE Sukma1,3 km

10.Terus ke Jalan Raya Siliwangi6,9 km

11.Terus ke Jalan Raya Ciutara2,5 km

12.Jalan Raya Ciutara belok sedikit ke kanan dan menjadi Jalan Raya parungkuda4,8 km

13.Terus ke Jalan Raya Pangdegan2,6 km

31.Belok kanan untuk tetap di Jalan Cisolok – Cilograng43 m

32.Ambil 1 kiri4,3 km

33.Belok kiri6,0 km

Oops, jangan ketinggalan, berikut penampakan team Lengkap Sawarna Photo hunting kali ini

Team lengkap "Sawarna Photo Hunting" (thanks to Pak Yadi for the Photo)

Depan duduk (ki-ka) : Yadi Supriyadi (coklat) – Adnan (abu-abu)

Tengah (ki-ka) : Rustiyono (berdiri) – Syahrul (videographer) – Andi (bertopi) – Imamtho (merah) – Gimung (biru) – Budi Ali Gayo (putih)

Belakang (ki-ka) : Yansa (hijau)- Sandra (putih) – Herland (hitam)

, , , , , ,

1. #1 by destria on June 13, 2013 - 4:06 pm

Agan mau tanya. Itu mobilnya ukuran apa? Bisa dibawa sampe mana? Muat masuk jembatan? Terima kasih.

• #2 by imamtho on July 11, 2013 - 11:18 am

Recomended menggunakan mobil dg ground clearance tinggi, walaupun ada juga sedan yg kesana. Mobil tidak bisa masuk sampai ke pantai, hanya sampai di perkampungan karena jembatan hanya muat utk motor saja. semoga membantu.